Emping dan Berbagai Jenisnya Serta Cara Pengolahannya

Emping adalah ? makanya kita harus tau dulu apa itu emping ?
ini nih belajar dulu tentang emping ya, Emping adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dengan cara menghancurkan bahan baku (biasanya terbuat dari biji melinjo) hingga halus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oledih pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Kabupaten Klaten, Kabupaten Batang,Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Emping sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat. Sumbernya syah dari wikipedia.


Emping melinjo apakah hanya merugikan kesehatan ?

Banyak orang menganggap emping itu banyak merugikan namun tidak juga sebenarnya. Emping kaya manfaat, Melinjo ini juga memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional herbal. Diantaranya: Melinjo untuk memperlacar air seni: Caranya Yaitu memanfaatkan kulit melinjo yang dikukus kemudian bisa dimakan langsung. Atau Bisa juga dimakan dengan terlebih dahulu diolah menjadi sayuran/campuran masakan sayur. Melinjo untuk mengatasi anemia dan busung lapar: Caranya sama dengan diatas, yakni dikukus atau diolah sebagai sayuran. Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan secara terpublikasi, Melinjo juga dipercaya melancarkan proses persalinan. Dan daun melinjo juga bisa dipakai untuk mengobati sakit mata. – See more at: http://www.tipscaraterbaik.com/manfaat-dan-efek-samping-melinjo-bagi-kesehatan.html#sthash.PxM24Apa.dpuf

Cara membuat emping melinjo
Yang awalannya adalah Anda harus menyiapkan dahulu buah melinjo matang atau masak. Untuk mengetahui buah melinjo yang bagus dan bijinya juga baik untuk dijadikan emping, buah melinjo harus berwarna merah atau kuning. Setelah itu kupas kulitnya sampai bersih tapi jangan buang. Kulit melinjo bisa juga dijadikan masakan atau camilan. Sebelum mengupas jika Anda mendapat melinjo yang baru saja dipetik, lebih baik diamkan dahulu sekira 2-3 jam supaya getah melinjo hilang saat dikupas. Paska pengupasan, biji melinjo disimpan dahulu melinjo selama 1 hari supaya agar melinjo menjadi kering dan masak saat diongseng atau disangrai. Untuk lebih cepat biji melinjo bisa juga dijemur dahulu di bawah sinar matahari. Tahap selanjutnya adalah menyangrai. Siapkan wajan kemudian isi pasir lalu dipanasi. Lalu masukkan biji melinjo. Saat proses ini, diamkan biji melinjo di dalam pasir kira-kira 3-4 menit hingga kulit biji berwarna hitam dan terasa panas. Setelah kulit melinjo sudah menghitam dan panas silahkan angkat. Proses berikutnnya yakni adalah menggeprek. Pecahkan kulit keras biji melinjo hingga tersisa hanya biji melinjo bagian dalam yang berwarna putih. Lalu letakkan biji melinjo di atas talanan, kemduain pukul dengan alat pemukul (bisa juga palu) sampai biji melinjo tersebut gepeng dan tipis berbentuk lingkaran. Tunggu sampai geprekan melinjo dingin lalu pakailah sendok sekap pipih atau rata untuk membalik ataupun mengangkat emping yang menempel di talenan. Kemudian pindahkan emping ke tempat atau wadah penjemuran. Untuk penjemuran penjemuran emping melinjo tidak perlu lama-lama, jika cuaca panas cukup selama 1-5 sampai 2 jam saja. Nah sampai tahap ini emping melinjo sudah jadi dan siap digoreng.

Emping jagung cara membuatnya dan bagaimana caranya
Proses pertama adalah Pemilihan Bahan Jagung karena jagung yang baik akan menghasilkan emping yang berkualitas. Proses kedua : Pembuatan Emping Jagung ini lah yang memakan banyak waktu mulai dari mula-mula dipilih jagung yang . Selanjutnya dilakukan pengukusan sekitar 1 jam. Usahakan tingkat gelatinisasinya Apabila digoreng, emping jagung mentah ini akan mekar atau mengembang menjadi sekitar 2 kali lipatnya.Penggorengan emping jagung biasanya dilakukan pada suhu minyak goreng sekitar 170oC selama beberapa detik.

Emping melinjo untuk ibu hamil
Ini kondisi Emping melinjo terkenal sebagai camilan yang enak dinikmati disaat apapun dan oleh siapapun termasuk ibu hamil dan memang diperbolehkan mengkonsumsi emping melinjo asal tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering. Akan tetapi, emping melinjo dilarang untuk mereka yang menderita asam urat atau tekanan darah tinggi. Sebab, kandungan purin (meskipun kadar purin dalam melinjo termasuk kategori sedang) dalam emping melinjo apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Emping singkong cara membuatnya bagaimana
Kupas kulit singkong kemudian cuci sampai benar – benar bersih. ii. Kukus singkong kurang lebih 30 – 40 menit, sampai merekah dan matang. iii. Sambil menunggu singkong matang kita membuat bumbunya : 1) Kita haluskan Bawang putih, garam dan Gula jawa. 2) Kita potong – potong tipis daun seledri, daun bawang, cabe merah. iv. Setelah matang kita masukkan singkong ke dalam Lumpang dan kita tumbuk sampai benar – benar halus sambil kita masukkan racikan bumbu yang sudah kita buat sampai menjadi Getuk. v. Nah setelah adonan singkong menjadi getuk baru getuk tadi kita potong kecil – kecil. vi. Sekarang saatnya kita siapkan Umpak dan plastik kemudian getuk yang sudah kita potong – potong tadi kita tumbuk lagi menjadi Emping. vii. Yang terakhir kita keringkan Emping Telo yang masih basah di bawah terik sinar matahari sampai benar – benar kering.

Emping garut ini juga bagaimana cara membuatnyaProses Pembuatan emping garut diawali dengan pemilihan umbi garut yang baik.Biasanya dengan memilih umbi garut yang berdiameter 2-3 cm. Proses selanjutnya adalah pengupasan dan pencucian umbi garut. umbi yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci kemudian dipotong-potong dengan ketebalan sekitar 1 cm. Langkah selanjutnya adalah dengan merebus irisan garut dan dengan menambahkan bumbu 1,5% garam dan 2% bawang putih. proses perebusan ini memakan waktu antara 30-45 menit. setelah masak rebusan garut kemudian ditiriskan. Proses selanjutnya adalah mencetak dengan cara memipihkan diatas lembaran plastik seperti pada pembuatan emping melinjo.proses terakhir adalah proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari. setelah kering emping garut dikemas dan siap untuk dipasarkan. Selain dijadikan emping garut, hasil produksi garut adalah tepung garut. Biasanya tepung garut ini digunakan perusahaan untuk bahan baku pembuatan mie putih, pengganti atau tambahan tepung terigu untuk pembuatan roti, bahan kosmetik untuk kecantikan.

This entry was posted in Emping Melinjo, Jual Emping, Produsen Emping. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *